Jumlah pengunjung

Metode Titik

Selamat datang dan selamat belajar bersama BADIK TERHUNUS. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas metode titik pada pelajaran Operation researc. langsung saja yah..!!







Setelah semua persamaan telah tegambar dalam dalam grafif, maka kita sudah mendapatkan titik sebagai alternatif titik maksimum (A, B, C, dan D), yang diperoleh dari daerah arsiran. Masih ingat kan cara memperoleh daerah arsiran tersebut? Oke, baiklah,mari kita refresh kembali.
                Tanda  ≤ artinya arah arsirannya kebawah
                Tanda  ≥ artinya arah arsirannya keatas
Nah, untuk memperoleh daerah arsiran, yaitu daerah yang paling banyak dilalui arsiran. Oke, paham kan??
Next, setelah kita sudah dapat titik (A, B,C, D) . maka untuk mendapatkan titik maksimum (*berlaku juga untuk minimisasi), kita subtitusikantitik-titik tersebut kedalam persamaan fungsi tujuan.
 
Karena maksimum. Nah, kita liatlah Z yang paling besar nilanya. Yaitu Z = 66 dengan X1 =6 dan X2= 16. Yaitu pada titik B (6,16). Untuk memperkuat jawaban, nanti kita uji pada aplikasi QM methode, atau pun metode simpleks. Selamat mencoba!!! ^_<
NB : titik B dan titik C adalah hasil perpotongan 2 garis kurva, maka untuk mendapatkan titik tersebut, kedua persamaan itu harus dieliminasi kemudian di subtitusi untuk mendapatkan X1 dan X2.

0 komentar:

Posting Komentar

Linkie ♥

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

Blogroll

Blogger templates

download Youtube

Download youtube Video

Become our Fan

Pages

Poll

Diberdayakan oleh Blogger.

Pages - Menu

Followers

About Me

Foto Saya
Naurah Az-zahraa
Maros, Sul-Sel, Indonesia
Lihat profil lengkapku